Soal dan Jawaban Mata Kuliah IPS SD/MI untuk Perguruan Tinggi/Mahasiswa

 


Soal:

1.      IPS atau study sosial merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang diturunkan dari isi materi cabang-cabang ilmu sosial; sosilogi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi, filsafat, dan pesikologi sosial. Jelaskan pendapat anda mengenai cabang ilmu sosial tersebut! 

2.      Bagi seorang guru, termasuk guru IPS, selain harus menguasai materi/bahan yang akan diajarkan, baik berupa konsep, prinsip, teori mapun fakta, juga harus mentranfer/mengajarkannya kepada siswa-siswanya. Agar tujuan instruksional/ pembelajaran dapat dicapai dengan baik dan baik/optimal, diperlukan kemampuan atau keterampilan guru untuk menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang/mendorong keterlibatan siswa. Berdasarkan pernyataan tersebut, coba anda jelaskan kemampuan/keterampilan guru yang harus dikuasai!

3.      Sebagai anggota masyarakat yang memiliki ilmu pengetahuan dalam hal ini ilmu pengetahuan sosial (IPS) dituntut kretivitas sehingga ia dapat berperan sebagai innovator dan dinamisator dalam proses pembaharuan/pembangunan. Bagai mana serorang guru sebagai innovator dan dinamisator dapat terwujud nyata dalam kehidupan nyata?

4.      Ada perbedaan materi mendasar dalam pembelajaran IPS di sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah. Pembelajaran IPS disetiap sekolah tidak selalu sama ruanglingkupnya. Tentukan perbedaan ruang lingkup pembelajaran IPS untuk jenjang/tingkat pendidikan di SD/MI          yang anda ketahui!

5.      Seorang guru IPS di SD/MI perlu menguasai konsep tantang individu dan masyarakat, stuktur sosial, pranata, dan proses sosial, pemerintah dan undang-undang serta peran dan tanggung jawab warga Negara. Untuk itu, jelaskan beberapa hal berikut!

a.       Hubungan individu dan masyarakat;

b.      Hakikat stuktur sosial, pranata, dan proses sosial

c.       Prinsip dasar pemerintahan Negara Indonesia

d.      Sumber hukum yang berlaku

 

Jawab:

1.      IPS merupakan suatu program study yang ada disetiap jenjang pendidikan. Hakikatnya IPS mempelajari tentang bagaimana mempelajari, menelaah, mengkaji sistem kehidupan manusia dimuka bumi. Dengan kita memahami hakikat dari pembelajaran IPS itu sendiri, maka dapat kita pahami bahwa sejatinya pembelajaran IPS merupakan suatu kebutuhan yang harus kita penuhi. Semua cabang ilmu sosial tersebut saling berkaitan dan berhubungan saling melengkapi antara yang satu dengan yang lain. Cabang-cabang tersebut hanyalah bagian dari pengelompokan atau klasifikasi yang tujuannya untuk mempermudah dalam pembelajaran.

 

2.      Ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, biasanya peserta didik lebih suka dengan suasana belajar yang ceria, santai, namun tetap kondusif. Peserta didik biasanya akan kembali dapat fokus setelah tersenyum, juga dengan tersenyum biasanya peserta didik jadi sedikit rileks. Dan sosok guru yang humorislah yang kebanyakan disukai oleh peserta didik. Sehingga seorang guru haruslah memiliki sifat humoris. Bukan berarti disetiap saat guru harus dapat membuat peserta didiknya tertawa, tetapi sifat tersebut dibutuhkan dan diterapkan ketika peseta didik terlalu tegang ataupun merasa bosan ketika berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar. Ketika suasana sudah nyaman dan peserta didik juga rileks, maka ilmu akan lebih mudah ditranfer juga akan  labih mudah diserap oleh peserta didik.

 

3.      Dalam hal ini seorang guru haruslah memahami dan menjalankan asas pokok pendidikan yang dicetuskan oleh Kihajar Dewantara yaitu “ing ngarso sung tolodo”  yang artinya ketika didepan memberikan teladan atau contoh yang baik. Ketika seorang guru dapat memberikan contoh yang baik berupa perkataan, perbuatan, tingkahlaku dan sebagainya kepada peserta didiknya, baik didalam lingkungan sekolah ataupun dilingkungan masyarakat, secara otomatis seorang guru tersebut dapat menjadi innovator dan dinamisator bagi peserta didiknya dikehidupan yang nyata.

 

4.      Sesuai dengan apa yang saya ketahui dan yang saya alami, saya membandingkan materi IPS di SD/MI ditahun ini dan ditahun ketika saya masih dibangku SD tidak ada perbedaan dalam segi materi. Hanya saja pada materi kelas 2 tentang Dokumen dan Koleksi Benda Berharga itu saya pelajari di kelas 3. Dan di kelas 3 saya sudah dikenalakan tentang Peta dan Arah Mata Angin. Kemudian di kelas 4 sedikit dibahas lebih mendalam. Sedangkan dikelas 3 sekarang belum dikenalkan  tentang Peta dan Arah Mata Angin tetapi dikenalkan pada kelas 4.

 

5.       

a.    Manusia merupakan makhluk ciptaan tuhan yang ditakdirkan sebagai makhluk yang membutuhkan makhluk yang lain. Tidak ada satu manusiapun yang dapat hidup tanpa makhluk lain. Oleh karenanya manusia perlu yang namanya interaksi dengan manusia yang lain atau masyarakat.

 

b.    Hakikat stuktur sosial, pranata, dan proses sosial ialah suatu bentuk hasil dari interaksi sosial yang dilakukan secara terus menerus oleh suatu individu dari sejak lahir hingga meninggal.

 

c.    Beberapa prinsip dasar pemerintahan Indonesia yang terdapat dalam undang-undang ialah:

ü Indonesia adalah negara berdasar atas hukum

ü Indonesia adalah negara konstitusi

ü Kekuasaan tertinggi ada ditangan MPR

ü Kepala pemerintahan adalah seorang presiden dan dibantu oleh para mentri

ü Presiden tadak bertanggung jawab kepada DPR

ü Mentri tidak bertanggung jawab kepada DPR

ü Kekuasaan kepala negara tidak terbatas

 

d.   Dalam prinsip dasar pemerintahannya, Indonesia merupakan negara yang berdasarkan hukum. Indonesia memiliki dua jenis sumber hukum yaitu sumber hukum materil dan sumber hukum formil.

ü  Sumber Hukum Materil

Yaitu sumber hukum yang menentukan isi kaidah hukum. Yang termasuk dalam sumber hukum materil ialah:

·         perasaan pendapat seseorang atau pendapat umum

·         agama

·         kebiasaan

·         politik hukum dari pemerintah

 

ü  Sumber Hukum Formil

Sumber hukum formil merupakan tempat atau sumber dari mana suatu peraturan memperoleh kekuatan hukum. Hal ini berkaitan dengan bentuk atau cara yang menyebabkan peraturan hukum itu berlaku. Sumber hukum formil diantsarnya;

·         undang-undang

·         kebiasaan (custom)

·         keputusan-keputusan hakim (jurisprudentie)

·         traktat (treaty) atau perjanjian

Soal dan Jawaban Mata Kuliah IPS SD/MI untuk Perguruan Tinggi/Mahasiswa Soal dan Jawaban Mata Kuliah IPS SD/MI untuk Perguruan Tinggi/Mahasiswa Reviewed by asarisolid on 9:23 PM Rating: 5

No comments:

ADS

referensimakalah. Powered by Blogger.