Contoh Nyata Implementasi Keterampilan Dasar
Mengajar
a.
Ketrampilan Membuka Pelajaran
Membuka pelajaran merupakan
upaya yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk
menciptakan pra kondisi bagi siswa agar mental maupun perhatian terpusat pada
pengalaman belajar yang disajikan sehingga akan mudah mencapai kompetensi yang
diharapkan. Dengan kata lain, membuka pelajaran itu adalah mempersiapkan mental
dan perhatian siswa agar siswa terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari.
Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan
kelas 5, contoh keterampilan membuka pelajaran adalah sebagai berikut:
1)
Pendidik
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
2) Salah satu peserta didik
diminta untuk memimpin doa.
3) Pendidik menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4) Pendidik mengajak peserta didik menyayikan lagu “burung
kutilang” sebagai apersepsi.
b.
Ketrampilan Menutup Pelajaran
Menutup pelajaran dapat
diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran
dengan maksud untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah
dipelajari siswa serta keterkaitannya dengan pengalaman sebelumnya,
mengetahui tingkat keberhasilan siswa,
serta keberhasilan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Menutup pelajaran
dapat dilakukan dengan cara:
1) Merangkum
atau membuat garis-garis besar persoalan
yang baru dibahas, sehingga siswa memperoleh gambaran yang menyeluruh
dan jelas tentang pokok-pokok persoalan.
2) Memusatkan perhatian terhadap hal-hal pokok
agar informasi yang telah diterima dapat membangkitkan minat untuk mempelajari
lebih lanjut.
3) Mengorganisasikan kegiatan yang telah
dilakukan untuk membentuk pemahaman baru tentang materi yang telah
dipelajarinya.
4) Memberikan
tindak lanjut serta saran-saran untuk memperluas wawasan yang berhubungan
dengan materi pelajaran yang telah dibahas.
Misalnya pada pembelajaran
IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5 , contoh keterampilan
menutup pelajaran adalah sebagai berikut:
1) Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang
telah
berlangsung:
a)
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
b)
Kesulitan apa yang dihadapi pada pembelajaran hari ini?
2)
Peserta didik menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan
pendidik.
3)
Peserta didik diberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
4)
Peserta didik diberikan pesan supaya belajar dengan rajin.
5)
Perwakilan peserta didik memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran.
6)
Pendidik menutup pelajaran dengan salam.
2.
Keterampilan menjelaskan pembelajaran
Keterampilan
menjelaskan yaitu menyampaikan informasi yang terencana dengan baika, disajikan
dengan benar, serta uraian yang cocok, memberikan penjelasan merupakan salah
satu aspek yang penting dalam perbuatan guru. Keterampilan menjelaskan
melibatkan penyampaian pesan, penerima pesan, dn pesan itu sendidri. Dibutuhkan
keterampilan dalam menjelaskan pelajaran agar infomasi informasi atau pesan
yang disampaikan guru kepada peserta didik dapat dipahami seutuhnya. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi
Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh
keterampilan menjelaskan pembelajaran adalah sebagai berikut:
1)
Pendidik
memutar video penjelasan Pernapasan Berbagai Jenis Hewan.
2)
Agar
peserta didik lebih memahami selanjutnya pendidik menjelaskan kembali.
Misalnya:
a.
Alat
pernapasan amfibi
b.
Alat
pernapasan ikan
c.
Alat
pernapasan burung
d.
Alat
pernapasan serangga
e.
Alat
pernapasan cacing
f.
Alat
pernapasan reptil
3)
Dalam
menjelaskan materi tentunya dibantu dengan media, dalam materi ini menggunakan
media 6 gambar penampang alat pernapasan hewan.
4)
Peserta
didik yang belum faham diberi kesempatan untuk bertanya.
3.
Keterampilan mengadakan variasi
Agar
situasi belajar tidak membosankan dan dapat menumbuhkan minat belajar peserta
didik, sebaikanya guru mengadakan variasi dalam mengajar. Aspek yang perlu
mendapatkan variasi dalam pelajaran yaitu : 1) Variasi gaya
mengajar, yang mencangkup suara guru, kesenyapan, perubahan posisi, pemusatan
perhatian, dan kontak pandang. 2) Variasi penggunaan alat indra, berguna untuk memenuhi perbedaan
gaya belajar peserta didik. 3) Variasi interaksi pembelajaran, agar suasana menyenangkan guru
harusnya megubah variasi interaksi pembelajaran
dengan cara mengubah bentuk kegiatan atau suasana kelas. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan mengadakan variasi pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
Peserta
didik diajak melihat gambar atau foto ilustrasi bermacam-bacam hewan.
2.
Pendidik mengajukan pertanyaan
a)
Makhluk hidup apa sajakah yangkalian lihat?
b)
Apa
perbedaan dari semua makhluk hidup itu? Lalu apa pula persamaannya ?
c)
Apakah
semua makhluk itu membutuhkan oksigen? Lalu seperti apa cara mengambil oksigen?
3. Peserta didik yang mengangkat tangan kanannya diminta untuk
menerangkan secara singkat informasi pernapasan pada makhluk hidup.
4. Pendidik memberikan penguatan dan membimbing peserta didik,
misalnya pendidik mengajak peserta didik melihat secara langsung ikan koin,
apakah ikan koin bernapas di dalam air. Menjelaskan pula mengapa mulut ikan
membuka dan meutup ketika di dalam air, pertanda bahwa ikan bernapas menggunakan
insang.
4.
Keterampilan memberikan penguatan
Penguatan
dapat dikatakan sebagai respons terhadap suatu tingkah laku yang sengaja
dilakukan agar terulang kembali. Keterampilan memberikan penguatan merupakan
keterampilan memberikan respond positif dengan tujuan mempertahankan atau
meningkatkan perilaku tertentu. Penguatan dapat diberikan secara verbal dan
nonverbal. Penguatan verbal merupakan respons positif dengan mengucapkan
kata-kata pujian, dukungan dan pengakuan. Penguatan nonverbal merupakan respons
positif melalui mimik, gerakan, sentuhan, kegiatan menyenangkan, dengan simbol
atau benda. Misalnya pada pembelajaran
IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh
keterampilan memberikan penguatan adalah sebagai berikut:
a)
Memberi
penguatan dilakukan setelah muncul respons peserta didik yang diharapkan.
b)
Peserta
didik yang berhasil menerangkan secara singkat informasi pernapasan pada
makhluk hidup diberi apresiasi misalnya:
1)
tepuk
tangan oleh teman-teman satu kelas.
2)
diberi pujian atas kemampuannya
c)
Peserta
didik diberikan teks bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Peserta didik diminta untuk membaca mengenai
teks tersebut. Pendidik memberikan
pertanyaan. Adakah peserta didik yang pernah memperhatikan
kejadian mulut ikan yang selalu membuka dan menutup? Kenapa mulut ikan
membuka dan menutup?
d)
Peserta
didik yang berhasil menjawab dengan benar diberikan hadiah gambar penampang
salah satu alat pernapasan hewan.
5.
Keterampilan bertanya
Keterampilan
bertanya digunakan untuk mendapatkan jawaban dari orang lain. Pertanyaan yang
baik akan menuntun jawaban yang sebenarnya. Peserta didik akan memperoleh
pengetahuan yang bermakna apabila mereka melihat ada sejumlah pertanyaan yang
membutuhkan jawaban. Guru perlu memberikan pertanyaan kritis yang mendorong
peserta didik untuk berpikir mencari jawaban. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi
Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh
keterampilan bertanya adalah sebagai berikut:
Guru memberi pertanyaan, misalnya:
1) Saat masih berudu katak bernapas menggunakan apa?
2) Ketika sudah menjadi katak dewasa bernapas menggunakan apa?
3) Saat burung terbang, apakah burung menghirup udara?
4)
Cacing
tidak punya kaki, tidak punya tangan dan mulut pada cacing pun tidak terlihat,
lalu bernapas menggubkan apakah hewan cacing ini?
5)
Hewan
apakah yang bernapas menggunakan trakea?
6.
Keterampilan mengelola kelas
Keterampilan
mengelola kelas keterampilan mengelola kelas merupakan keterampilan uuntuk
menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, mengembangkan perilaku
peserta didik yang diinginkan, mengembangkan hubungan interpersonal dan iklim
sosio-emosional yang positif, serta mempertahankan organisasi kelas yang
efektif. Secara umum komponen pengelolaan kelas terbagi menjadi dua, yaitu:
komponen yang bersifat previntif berhubungan dengan tindakan penciptaan dan
pemeliharaan kondisi optimal, sedangkan pengelolaan kuartif berhubungan dengan
tindakan untuk mengembalikan kondisi belajar menjadi optimal. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi
Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh
keterampilan mengelola kelas adalah sebagai berikut:
Pengelolaan
preventif
a)
Memberi
perhatian pada peserta didik, misalnya meminta peserta didik untuk
mempresentasikan salah satu sistem pernapasan pada hewan.
b)
Misalnya
ada peserta didik yang melakukan kesalahan, maka pendidik menegur secara
bijaksana.
c)
Pendidik
kembali memberi penguatan tentang presentasi salah satu sistem pernapasan pada
hewan.
Pengelolaan kukratif
a)
Pendidik
memberi contoh tingkah laku yang baik
b)
Pendidk
mengelola kelompok kelas yang sudah terbentuk
c)
Pendidik
meluruskan kembali dan memecahkan, apabila peserta didik melakukan kesalahan.
7.
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
Keterampilan
ini dibutuhkan ketika jumlah peserta didik sangat sedikit: 3-8 orang untuk
kelompok kecil, dan guru berperan sebagai organisator, narasumber, motivator,
fasilitator atau penyedia materi. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah
sebagai berikut:
a)
Mengadakan
pendekatan secara pribadi terhadap peserta didik baik perorangan atau kelompok
b)
Pendidik
menjelaskan tujuan pembelajaran peserta didik yaitu mampu memahami sistem
pernapasan berbagai jenis hewan.
c)
Pendidik
melakukan variasi kegiatan, misalnya menjawab teka-teki silang.
d)
Pendidik
membagikan masing-masing satu gambar penampang alat pernapasan hewan pada
setiap kelompok.
e)
Pendidik
menjelaskan kembali materi
f)
Peserta
didik diberi waktu untuk berdiskusi
g)
Peserta
diminta untuk presentasi, berdasarkan gambar alat pernapasan hewan yang mereaka
dapatkan.
8.
Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
Keterampilan
ini sangat penting untuk dikuasai guru, karena ada kalanya guru membuat
kegiatan diskusi kelompok. Kegiatan diskusi melibatkan aktivitas mental dan
emosional yang dapat meningkatkan kemampuan interpersonal. Manfaat dari
keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah mengembangkan kemampuan
berpikir dan berkomunikasi, meningkatkan disiplin, meningkatkan motivasi
belajar, mengembangkan sikap saling membantu dan meningkatkan pemahaman. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi
Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh
keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah sebagai berikut:
1.
Pendidik
membagi kelas menjadi 6 kelomppok
2.
Pendidik
memberikan perintah pada semua kelompok untuk membuat bagan pernapasan hewan
yaitu pada burung
3.
Pendidik
membantu untuk memusatkan perhatian sesuai dengan topik pembelajaran
4.
Apabila
terdapat peserta didik yang berbeda pendapat, maka pndidik menganalisis
sehingga mampu diluruskan
5.
Pendidik
memastikah seluruh anggota kelompok ikut berkontribusi dalam menyelesaikan
tugas
6.
Peserta
didik diminta untuk mempresentasikan hasil tugasnya, perwakilan masing-masing
kelompok.
7.
Pendidik
memberi penguatan berdasarkan tugas dan materi yang diberikan.
No comments: