Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar

 


Contoh Nyata Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar

 1.    Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran

a.    Ketrampilan Membuka Pelajaran

Membuka pelajaran merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan pra kondisi bagi siswa agar mental maupun perhatian terpusat pada pengalaman belajar yang disajikan sehingga akan mudah mencapai kompetensi yang diharapkan. Dengan kata lain, membuka pelajaran itu adalah mempersiapkan mental dan perhatian siswa agar siswa terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan membuka pelajaran  adalah sebagai berikut:

1)   Pendidik membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik.

2)  Salah satu peserta didik diminta untuk memimpin doa.

3) Pendidik menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

4) Pendidik mengajak peserta didik menyayikan lagu “burung kutilang” sebagai apersepsi.

 

b.    Ketrampilan Menutup Pelajaran

Menutup pelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran dengan maksud untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa serta keterkaitannya dengan pengalaman sebelumnya, mengetahui  tingkat keberhasilan siswa, serta keberhasilan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara:

1)  Merangkum atau membuat garis-garis besar persoalan  yang baru dibahas, sehingga siswa memperoleh gambaran yang menyeluruh dan jelas tentang pokok-pokok persoalan.

2) Memusatkan perhatian terhadap hal-hal pokok agar informasi yang telah diterima dapat membangkitkan minat untuk mempelajari lebih lanjut.

3) Mengorganisasikan kegiatan yang telah dilakukan untuk membentuk pemahaman baru tentang materi yang telah dipelajarinya.

4)   Memberikan tindak lanjut serta saran-saran untuk memperluas wawasan yang berhubungan dengan materi pelajaran yang telah dibahas.

Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5 , contoh keterampilan menutup pelajaran adalah sebagai berikut:

1) Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah

berlangsung:

a)       Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?

b)       Kesulitan apa yang dihadapi pada pembelajaran hari ini?

2) Peserta didik menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari dengan arahan pendidik.

3) Peserta didik diberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.

4) Peserta didik diberikan pesan supaya belajar dengan rajin.

5) Perwakilan peserta didik memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran.

6) Pendidik menutup pelajaran dengan salam.

 

2.    Keterampilan menjelaskan pembelajaran

Keterampilan menjelaskan yaitu menyampaikan informasi yang terencana dengan baika, disajikan dengan benar, serta uraian yang cocok, memberikan penjelasan merupakan salah satu aspek yang penting dalam perbuatan guru. Keterampilan menjelaskan melibatkan penyampaian pesan, penerima pesan, dn pesan itu sendidri. Dibutuhkan keterampilan dalam menjelaskan pelajaran agar infomasi informasi atau pesan yang disampaikan guru kepada peserta didik dapat dipahami seutuhnya. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan menjelaskan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1)   Pendidik memutar video penjelasan Pernapasan Berbagai Jenis Hewan.

2)   Agar peserta didik lebih memahami selanjutnya pendidik menjelaskan kembali. Misalnya:

a.    Alat pernapasan amfibi

b.    Alat pernapasan ikan

c.    Alat pernapasan burung

d.   Alat pernapasan serangga

e.    Alat pernapasan cacing

f.     Alat pernapasan reptil

3)   Dalam menjelaskan materi tentunya dibantu dengan media, dalam materi ini menggunakan media 6 gambar penampang alat pernapasan hewan.

4)   Peserta didik yang belum faham diberi kesempatan untuk bertanya.

 

3.    Keterampilan mengadakan variasi

Agar situasi belajar tidak membosankan dan dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik, sebaikanya guru mengadakan variasi dalam mengajar. Aspek yang perlu mendapatkan variasi dalam pelajaran yaitu : 1) Variasi gaya mengajar, yang mencangkup suara guru, kesenyapan, perubahan posisi, pemusatan perhatian, dan kontak pandang. 2) Variasi penggunaan alat indra, berguna untuk memenuhi perbedaan gaya belajar peserta didik. 3) Variasi interaksi pembelajaran, agar suasana menyenangkan guru harusnya megubah variasi interaksi pembelajaran  dengan cara mengubah bentuk kegiatan atau suasana kelas. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan mengadakan variasi pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.    Peserta didik diajak melihat gambar atau foto ilustrasi bermacam-bacam hewan.

2. Pendidik mengajukan pertanyaan

a)          Makhluk hidup apa sajakah yangkalian lihat?

b)        Apa perbedaan dari semua makhluk hidup itu? Lalu apa pula persamaannya ?

c)         Apakah semua makhluk itu membutuhkan oksigen? Lalu seperti apa cara mengambil oksigen?

3. Peserta didik yang mengangkat tangan kanannya diminta untuk menerangkan secara singkat informasi pernapasan pada makhluk hidup.

4. Pendidik memberikan penguatan dan membimbing peserta didik, misalnya pendidik mengajak peserta didik melihat secara langsung ikan koin, apakah ikan koin bernapas di dalam air. Menjelaskan pula mengapa mulut ikan membuka dan meutup ketika di dalam air, pertanda bahwa ikan bernapas menggunakan insang.

 

4.    Keterampilan memberikan penguatan

Penguatan dapat dikatakan sebagai respons terhadap suatu tingkah laku yang sengaja dilakukan agar terulang kembali. Keterampilan memberikan penguatan merupakan keterampilan memberikan respond positif dengan tujuan mempertahankan atau meningkatkan perilaku tertentu. Penguatan dapat diberikan secara verbal dan nonverbal. Penguatan verbal merupakan respons positif dengan mengucapkan kata-kata pujian, dukungan dan pengakuan. Penguatan nonverbal merupakan respons positif melalui mimik, gerakan, sentuhan, kegiatan menyenangkan, dengan simbol atau benda. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan memberikan penguatan adalah sebagai berikut:

a)      Memberi penguatan dilakukan setelah muncul respons peserta didik yang diharapkan.

b)      Peserta didik yang berhasil menerangkan secara singkat informasi pernapasan pada makhluk hidup diberi apresiasi misalnya:

1)      tepuk tangan oleh teman-teman satu kelas.

2)       diberi pujian atas kemampuannya

c)      Peserta didik diberikan teks bacaan “Dayu dan Ikan Hias”.  Peserta didik diminta untuk membaca mengenai teks tersebut.  Pendidik memberikan pertanyaan. Adakah peserta didik yang pernah memperhatikan kejadian mulut ikan yang selalu membuka dan menutup? Kenapa mulut ikan membuka dan menutup?

d)     Peserta didik yang berhasil menjawab dengan benar diberikan hadiah gambar penampang salah satu alat pernapasan hewan.

5.    Keterampilan bertanya

Keterampilan bertanya digunakan untuk mendapatkan jawaban dari orang lain. Pertanyaan yang baik akan menuntun jawaban yang sebenarnya. Peserta didik akan memperoleh pengetahuan yang bermakna apabila mereka melihat ada sejumlah pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Guru perlu memberikan pertanyaan kritis yang mendorong peserta didik untuk berpikir mencari jawaban. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan bertanya adalah sebagai berikut:

Guru memberi pertanyaan, misalnya:

1)      Saat masih berudu katak bernapas menggunakan apa?

2)      Ketika sudah menjadi katak dewasa bernapas menggunakan apa?

3)      Saat burung terbang, apakah burung menghirup udara?

4)      Cacing tidak punya kaki, tidak punya tangan dan mulut pada cacing pun tidak terlihat, lalu bernapas menggubkan apakah hewan cacing ini?

5)      Hewan apakah yang bernapas menggunakan trakea?

 

6.    Keterampilan mengelola kelas

Keterampilan mengelola kelas keterampilan mengelola kelas merupakan keterampilan uuntuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, mengembangkan perilaku peserta didik yang diinginkan, mengembangkan hubungan interpersonal dan iklim sosio-emosional yang positif, serta mempertahankan organisasi kelas yang efektif. Secara umum komponen pengelolaan kelas terbagi menjadi dua, yaitu: komponen yang bersifat previntif berhubungan dengan tindakan penciptaan dan pemeliharaan kondisi optimal, sedangkan pengelolaan kuartif berhubungan dengan tindakan untuk mengembalikan kondisi belajar menjadi optimal. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan mengelola kelas adalah sebagai berikut:

 

 

Pengelolaan preventif

a)      Memberi perhatian pada peserta didik, misalnya meminta peserta didik untuk mempresentasikan salah satu sistem pernapasan pada hewan.

b)      Misalnya ada peserta didik yang melakukan kesalahan, maka pendidik menegur secara bijaksana.

c)      Pendidik kembali memberi penguatan tentang presentasi salah satu sistem pernapasan pada hewan.

 

Pengelolaan kukratif

a)      Pendidik memberi contoh tingkah laku yang baik

b)      Pendidk mengelola kelompok kelas yang sudah terbentuk

c)      Pendidik meluruskan kembali dan memecahkan, apabila peserta didik melakukan kesalahan.

 

7.    Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

Keterampilan ini dibutuhkan ketika jumlah peserta didik sangat sedikit: 3-8 orang untuk kelompok kecil, dan guru berperan sebagai organisator, narasumber, motivator, fasilitator atau penyedia materi. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah sebagai berikut:

a)      Mengadakan pendekatan secara pribadi terhadap peserta didik baik perorangan atau kelompok

b)      Pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran peserta didik yaitu mampu memahami sistem pernapasan berbagai jenis hewan.

c)      Pendidik melakukan variasi kegiatan, misalnya menjawab teka-teki silang.

d)     Pendidik membagikan masing-masing satu gambar penampang alat pernapasan hewan pada setiap kelompok.

e)      Pendidik menjelaskan kembali materi

f)       Peserta didik diberi waktu untuk berdiskusi

g)      Peserta diminta untuk presentasi, berdasarkan gambar alat pernapasan hewan yang mereaka dapatkan.

 

8.    Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil

Keterampilan ini sangat penting untuk dikuasai guru, karena ada kalanya guru membuat kegiatan diskusi kelompok. Kegiatan diskusi melibatkan aktivitas mental dan emosional yang dapat meningkatkan kemampuan interpersonal. Manfaat dari keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah mengembangkan kemampuan berpikir dan berkomunikasi, meningkatkan disiplin, meningkatkan motivasi belajar, mengembangkan sikap saling membantu dan meningkatkan pemahaman. Misalnya pada pembelajaran IPA dengan materi Pernapasan Berbagai Jenis Hewan kelas 5, contoh keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah sebagai berikut:

1.      Pendidik membagi kelas menjadi 6 kelomppok

2.      Pendidik memberikan perintah pada semua kelompok untuk membuat bagan pernapasan hewan yaitu pada burung

3.      Pendidik membantu untuk memusatkan perhatian sesuai dengan topik pembelajaran

4.      Apabila terdapat peserta didik yang berbeda pendapat, maka pndidik menganalisis sehingga mampu diluruskan

5.      Pendidik memastikah seluruh anggota kelompok ikut berkontribusi dalam menyelesaikan tugas

6.      Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil tugasnya, perwakilan masing-masing kelompok.

7.      Pendidik memberi penguatan berdasarkan tugas dan materi yang diberikan.

 

Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar Reviewed by asarisolid on 2:43 PM Rating: 5

No comments:

ADS

referensimakalah. Powered by Blogger.