2.
ANOVA
Husaini Usman (2008: 149-178), ANOVA adalah singkatan
dari Analisis Of Varian. Jika mencari perbedaan atau persamaan dua rata-rata
digunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji t. Maka untuk mencari perbedaan
atau persamaan dari beberapa rata-rata digunakan ANOVA (analisis varian/ragam).
ANOVA
lebih dikenal dengan uji–F (Fisher Test), sedangkan arti variansi atau varians
berasal dari pengertian konsep “mean square” atau Kuadrat Rerata (KR), yang
rumus sistematisnya:
Dimana:
JK
= Jumlah Kuadrat (Some of Square)
dk
= derajat kebebasan (degree of freedom)
Sebenarnya
uji t dapat digunakan untuk menguji beberapa rata-rata secara bertahap.
Misalnya ada tiga rata-rata yaitu: I, II, dan III. Agar uji t dapat dipakai
maka mula-mula dicari I dengan II, kemudian I dengan III, dan akhirnya II
dengan III. Dengan demikian perlu menggunakan 3x uji t. Maka lebih tepat jika
menggunakan Anova.
Alasan penggunaan ANOVA dalam menguji
beberapa rata-rata antara lain:
1)
Setiap
kali kita menggunakan uji t, maka akan terjadi kesalahan atau penyimpangan
sebesar (1-α)k, dimana k = sekian kali menggunakan uji t. Seandainya kita 3x
menggunakan uji t, dengan α = 0.05, maka akan terjadi kesalahan atau
penyimpangan sebesar (1 – 0.05)3 = 0,14 atau jika α = 0,01 akan terjadi
kesalahan sebesar (1 – 0,01)3 = 0,999.
2)
Menggunakan
Anova lebih efesien. Banyak uji t digunakan dengan rumus:
Seandainya ada 4 rata-rata (n=4), maka banyak uji t
yang dilakukan adalah
Asumsi yang harus dipenuhi dalam ANOVA:
a.
Obsevasi
independen: diperoleh dengan mengambil sampel secara acak.
b.
Observasi
pada variabel dependen dalam setiap kelompok berdistribusi normal.
c.
Variansi
populasi antar kelompok sama (variansi homogen).
ANOVA
ada 2 macam yaitu ANOVA 1 jalur dan 2 jalur.
Contoh ANOVA (1 jalur):
Dari hasil pengamatan suatu pembelajaran
digunakan 4 buah metode dengan data sebagai berikut:
A
|
B
|
C
|
D
|
10
|
6
|
16
|
9
|
16
|
12
|
18
|
12
|
12
|
9
|
14
|
14
|
12
|
8
|
20
|
11
|
18
|
7
|
17
|
16
|
Apakah ada perbedaan diantara keempat
metode tersebut ?
Jika ada apakah perbedaan tersebut
signifikan ?
Jawab:
1.
Ha
dan H0 dalam bentuk kalimat:
H0: terdapat perbedaan
antara A, B, C, dan D.
Ha: tidak terdapat
perbedaan antara A, B, C, dan D.
2.
Ha
dan H0 dalam bentuk statistik:
H0: µA = µB = µC = µD.
Ha: salah satu ≠.
3.
Tabel
penolong ANOVA
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
|
10
|
6
|
16
|
9
|
|||
16
|
12
|
18
|
12
|
|||
12
|
9
|
14
|
14
|
|||
12
|
8
|
20
|
11
|
|||
18
|
7
|
17
|
16
|
|||
N
|
5
|
5
|
5
|
5
|
∑n
|
20
|
∑X
|
68
|
42
|
85
|
62
|
xtotal
|
257
|
|
13,6
|
8,4
|
17
|
12,4
|
|
|
s2
|
10,8
|
5,3
|
5
|
7,3
|
4.
Hitung
jumlah kuadrat rata-rata, dengan rumus:
5.
Hitung
jumlah kuadrat antar kelompok, dengan rumus:
6.
Hitung
jumlah kuadrat dalam kelompok, dengan rumus:
7.
Hitung
derajat kebebasan rata-rata, dengan rumus:
8.
Hitung
derajat kebebasan antar kelompok, dengan rumus:
Dimana
k = banyak kelompok
9.
Hitung
derajat kebebasan dalam kelompok, dengan rumus:
Dimana N = jumlah
seluruh anggota sampel.
10. Hitung rata-rata jumlah kuadrat
kelompok, dengan rumus:
11. Hitung rata-rata jumlah kuadrat antar
kelompok, dengan rumus:
12.
Hitung
rata-rata jumlah kuadrat dalam kelompok, dengan rumus:
13. Cari Fhitung, dengan rumus:
14. α = 0,05
15. Cari Ftabel, dengan rumus:
16. Masukan semua nilai yang didapat ke
dalam tabel ANOVA
Jumlah Variasi
|
Jumlah Kuadrat (JK)
|
Derajat Kebebasan (dk)
|
Rata-rata Kuadrta (RK)
|
F
|
Rata-rata
|
3302,45
|
1
|
3302,45
|
8,87
|
Antar Kelompok
|
188,95
|
3
|
62,98
|
|
Dalam Kelompok
|
113,16
|
16
|
7,1
|
|
Jumlah
|
3604,56
|
20
|
-
|
-
|
17. Tentukan kriteria pengujiannya, yaitu:
Bandingkan Fhitung
dengan Ftabel.
Diperoleh Ftabel ≤
Fhitung karena 8,87 ≤ 3,24, maka
H0 ditolak.
18. Kesimpulannya:
Terdapat perbedaan
antara ketiga prosedur tersebut.
Karena H0 ditolak maka
diperlukan uji lanjutan, yaitu uji Tukey
3.
UJI TUKEY (Uji Pasangan)
Hinkle, Wiersam, & Jurs (1979: 321) uji
Tukey dilakukan setelah dilakukan uji ANOVA dan diperoleh kesimpulan bahwa H0
ditolak. Uji Tukey bertujuan untuk mengetahui signifikasi pada data. Uji Tukey
dilakukan pada data dengan ∑n untuk
setiap sampel sama.
1)
Urutkan
data dari rata-rata () terkecil.
|
B
|
D
|
A
|
C
|
|
8,4
|
12,4
|
13,6
|
17
|
2)
Buat
tabel
|
B
|
D
|
A
|
C
|
|
8,4
|
12,4
|
13,6
|
17
|
|
|
4
|
5,2
|
8,6
|
|
|
|
1,2
|
4,6
|
|
|
|
|
3,4
|
Q
|
|
3,36
|
4,37 *
|
7,23 *
|
|
|
|
1,01
|
3,87
|
|
|
|
|
2,86
|
*data
yang terjadi perbedaan signifikan.
Keterangan tabel:
=
Untuk hasil = 0 tidak
ditulis.
ü Baris pertama =
B – B = 8,4 – 8,4 = 0
D – B = 12,4 – 8,4 = 4
A – B = 13,6 – 8,4 =
5,2
C – B = 17 – 8,4 = 8,6
ü Baris kedua =
D – D = 12,4 – 12,4 = 0
A – D = 13,6 – 12,4 =
5,2
C – D = 17 – 12,4 = 4,6
ü Baris ketiga =
A
– A = 13,6 – 13,6 = 0
C
– A = 17 – 13,6 = 3,4
= = 1,19
=
ü Baris pertama Q =
Q
= = 3,36
Q
= = 4,37
Q
= = 7,23
ü Baris kedua Q =
Q
= = 1,01
Q
= = 3,87
ü Baris ketiga Q =
Q=
= 2,86
3)
Cari
Qtabel:
Q(0,05) = 4,05
4)
Bandingkan
Qtabel ≤ Qhitung
Signifikan jika Qtabel
≤ Qhitung.
5)
Kesimpulannya:
Jadi ketika α = 0,05
maka data yang mengalami perbedaan signifikan adalah:
ü A dan B karena 4,37 ≤ 4,05
C dan B karena 7,23 ≤ 4,05
A. Kekuatan
dan Keterbatasan Penelitian Eksperimen
McMillan dan Schumacher
(2001: 323) menyatakan bahwa metode eksperimen merupakan pendekatan terbaik
untuk menentukan efek dari kausal dari sesuatu yang dipisahkan. Hal ini
terutama karena potensi untuk tingkat kontrol yang tinggi dari variabel asing
dan kekuatan memanipulasi. Pengendalian paling mudah dicapai melalui penelitian
pada manusia dengan pengaturan yang ketat dan buatan. Hal ini adalah kelemahan
dalam pendidikan untuk dua alasan. Manusia bereaksi dibatasi dengan dibuat-buat
karena kondisi dimanipulasi berbeda dari cara mereka bereaksi pada kondisi yang
terjadi secara alami dan jika penelitian dilakukan dalam kondisi buatan maka
generalisasinya hasilnya sangat terbatas.
Tidak semua penelitian
dalam bidang pendidikan dapat menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian
hanya tepat digunakan pada beberapa penyelidikan untuk mencari hubungan sebab
akibat. Metode eksperimen tidak tepat digunakan dibanyak permasalahan dalam
bidang pendidikan, seperti studi deskriptif dan studi hubungan. Pada beberapa
situasi penelitian kualitatif dapat lebih valid untuk menjelaskan
kejadian-kejadian dan pada studi evaluasi eksperimen sering digunakan (mixed)
dengan pendekatan-pendekatan lain untuk menyelidiki pertanyaan tentang
praktik tunggal.
Hadjar (1999: 321) menyatakan bahwa penelitian
eksperimen ini mempunyai keunggulan dibandingkan dengan penelitian korelasional
karena dapat menentukan apakah hubungan yang ada tersebut menunjukkan sebab
akibat. Sedangkan penelitian korelasional hanya bisa menemukan adanya hubungan
tetapi tidak bisa menentukan adanya sebab akibat.
B. Contoh
Penelitian Eksperimen
Berikut ini adalah
contoh judul tesis penelitian eksperimen, yaitu sebagai berikut:
1.
Judul:
Pengaruh Media Kartu Bergambar terhadap Motivasi dan Hasil
Belajar Pecahan di SDN Murung Sari 1 Amuntai
Oleh: Rahmawati (2012)
Rumusan
Masalah:
1) Apakah terdapat
pengaruh positif media kartu bergambar terhadap motivasi belajar pecahan di SDN
Murung Sari 1 Amuntai?
2) Apakah
terdapat pengaruh positif media kartu bergambar terhadap hasil belajar pecahan
di SDN Murung Sari 1 Amuntai?
Desain Penelitian:
Penelitian Eksperimen Semu
dengan desain pretest-posttest control
group design.
Instrumen:
1) Lembar angket motivasi siswa
2) Tes soal pecahan
Analisis Data:
Uji T (independet)
2.
Judul:
Pengaruh Pendekatan
Contextual Teaching and Learning terhadap
Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa di kelas IV SD Negeri di
Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun Pelajaran 2011/2012.
Oleh: Herliana (2012)
Rumusan Masalah:
1) Bagaimana
keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL dan pendekatan
konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa?
2) Bagaimana
keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL dan pendekatan
konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa?
Desain
Penelitian:
Penelitian Eksperimen
Semu dengan desain Nonequivalent Control
Group Design.
Instrumen:
1)
Angket
Motivasi
2)
Tes
soal
Analisis
Data:
Uji T
Penelitian Eksperimen PART 5 / 6
Reviewed by asarisolid
on
1:38 AM
Rating:
No comments: