Penelitian Eksperimen PART 3 / 6

Berikut ini adalah Desain Eksperimen menurut Donald Ary (2011: 374), yaitu:
1.      Pra Eksperimen
a.      Desain Pratest-pascates dengan 1 kelompok
Desain ini hanya melibatkan 1 kelompok siswa dan seorang guru, desain ini akan tampak mengendalikan perbedaan antar-subjek serta variabel situasional. Akan tetapi, pengendalian hanya bersifat superfisial (dangkal) saja.
Desain one group pratest-posttes
Pra-tes                             Variabel Bebas                                 Pasca-test
Y1                                            X                                               Y2                                                       
b.      Desain Statis dengan 2 kelompok
Desain ini menggunakan 2 kelompok dan hanya 1 diantaranya yang diberi perlakuan eksperimen. Kedua kelompok ini diasumsikan sama dalam semua segi yang relevan dan hanya berbeda dalam pemberian x kepada mereka.
 Kelompok                         Validitas Bebas                                 Pasca-Tes
E                                                X                                               Y2
P                                                 -                                                Y2

2.      True Eksperiment
a.      Desain yang hanya menggunakan Pasca-tes dengan subjek diacak dan dua kelompok
Merupakan salah satu desain eksperimen yang paling kuat tapi paling sederhana. Desain ini memerlukan adanya dua kelompok subjek yang ditetapkan secara acak dan masing-masing diberi kondisi yang berbeda.
Kelompok                         Variabel Bebas                                  Pasca-tes
(R)    E                                     X                                                Y2
(R)    P                                      -                                                 Y2
Desain ini tidak memberikan kemungkinan kepada peneliti untuk menilai perubahan yang terjadi.
b.      Desain yang hanya menggunakan Pasca-tes, Subjek dipadankan dan diacak, 2 kelompok
Desain ini mirip dengan desain true eksperimen yang pertama, hanya untuk memperoleh 2 kelompok yang sama desain ini menggunakan teknik pemadanan (matching). Subjek dibuat sepadan dalam satu atau lebih variabel yang dapat diukur dengan mudah. Untuk memadankan adalah variabel yang dianggap mempunyai korelasi signifikan dengan variabel terikat. Untuk menetapkan secara acak anggota mana yang akan mendapat perlakuan dapat digunakan undian.
Kelompok                            Validitas Bebas                             Pasca-Tes
E                                                  X                                            Y2
(M1) P                                         -                                               Y2
Kesulitan desain ini adalah masalah teknik pemadanan sebagai cara untuk mengendalikan variabel. Pemadanan semua calon subjek haruslah sempurna, sedang penempatan anggota setiap pasangan ke dalam kelompok harus ditetapkan secara acak.
c.       Desain yang hanya menggunakan Pra-tes dan Pasca-tes dengan kelompok-kelompok yang diacak
Dalam desain ini subjek dimasukan dalam kelompok coba dan kelompok pengendali secara acak dan diberi pra-tes tentang variabel terikat Y. perlakuan diberikan hanya kepada kelompok subjek dalam kelompok coba dalam jangka waktu tertentu dan sesudah itu variabel terikat kedua kelompok tersebut diukur. Perbedaan rata-rata (Y2-Y1) bagi setiap kelompok dihitung, kemudian skor perbedaan rata-rata ini dibandingkan guna memastikan apakah perlakuan eksperimen yang diberikan kepada kelompok coba telah menyebabkan perubahan yang lebih besar daripada kelompok pengendali. Signifikansi perbedaan perubahan rata-rata (dapat diketahui dengan jalan mengurangi perubahan rata-rata kelompok coba dengan perubahan rata-rata kelompok pengendali) ditetapkan dengan suatu tes statistic yang sesuai. 
Kelompok            Pra-tes                   Variabel Bebas                  Pasca-tes
(R)    E                   Y1                              X                                Y2
(R)    P                   Y1                               -                                Y2

Meskipun kelompok pengendali tidak menerima perlakuan ekspermental, hal itu tidak berarti bahwa subjek pengendali itu tidak menerima pengalaman sama sekali. Desain ini sering disebut sebagai desain klasik untuk eksperimen tentang perubahan. Kekuatan utama desain ini terletak pada pengacakan yang dilakukan terlebih dahulu, yang menjamin adanya kesamaan statistik antara dua kelompok itu sebelum eksperimentasi. Kelemahan desain ini: Validitas eksternal. Masalah berasal dari penggunaan pra-tes yang merupakan keistimewaan pokok desain ini. Pra-tes memungkinkan dapat meningkatkan (mengurangi kepekaan atau keresponsifan subjek terhadap manipulasi X) maka hasil yang diperoleh dari sampel yang telah diberi pra-tes mungkin tidak dapat mewakili pengaruh variabel eksperimental terhadap populasi induknya, yang tidak diberi pra-tes. 
3.      Desain Solomon
a.      Desain tiga-kelompok Solomon
Kelompok               Pra-tes                 Variabel Bebas                 Pasca-tes
(R)    E                      Y1                             X                              Y2
(R)    P1                     Y1                             -                               Y2
(R)    P1                      -                              X                               Y2
Penilaian efek interaksi dilakukan dengan jalan membandingkan skor Y2 ketika kelompok tersebut. Hanya skor pasca-tes yang dimasukan ke dalam analisis. Meski kelompok coba mempunyai mean Y2 yang secara signifikansi lebih tinggi daripada kelompok pengendali pertama, kita masih belum dapat merasa yakin bahwa perbedaan itu disebabkan oleh X. Mungkin hal itu terjadi karena subjek menjadi semakin peka setelah mengikuti pra-tes serta adanya interaksi antara meningkatnya kepekaan mereka dengan X. Namun, jika mean Y2 kelompok pengendali kedua juga secara signifikan lebih tinggi daripada mean Y2 kelompok pengendali pertama maka dapat diasumsikan bahwa perlakuan eksperimental itulah, dan bukan efek interaksi antara pra-tes dengan X, yang telah menyebabkan perbedaan tersebut karena kelompok pengendali kedua ini tidak diberi pra-tes. Sekalipun juga menerima perlakuan X, kelompok ini berfungsi sebagai pengendali, dan karenanya diberi label P1.
b.      Desain empat-kelompok Solomon
  Kelompok               Pra-tes                  Variabel Bebas              Pasca-tes
(R)    E                        Y1                             X                             Y2
(R)    P1                       Y1                             -                              Y2
(R)    P2                        -                               X                             Y2
(R)    P3                        -                                -                              Y2
Kelemahan desain ini adalah sulitnya melaksanakan desain ini dalam praktek. Untuk melaksanakan 2 eksperimen sekaligus diperlukan semakin banyak subjek yang sama macamnya. Kesulitan lainnya adalah tidak ada empat ukuran yang lengkap bagi keempat kelompok ini. Pra-tes dianggap sebagai variabel bebas kedua, bersama dengan X.
                                                  Tanpa X                                 X
Diberi pra-tes                        Y2, Pengendali 1                 Y2, Pengendali 1
Tanpa pra-tes                        Y2, Pengendali 3                 Y2, Pengendali 2

4.      Desain Faktorial
Dalam desain faktorial, dua atau lebih variabel dimanipulasi secara simultan untuk menyediki pengaruh masing-masing terhadap variabel terikat, disamping juga pengaruh-pengaruh yang disebabkan oleh interaksi antara beberapa variabel itu.







a)      Desain faktorial sederhana
Desain 2 x 2. Dalam desain ini masing-masing dari kedua variabel bebas itu mempunyai dua nilai. Desain faktorial sederhana:
                                                                               Variabel eksperimental
                                                                                             (X1)
Variabel Atribut (X2)
                                             Perlakuan A                                 Perlakuan B
Tingkatan 1                                Kotak 1                                       Kotak 3
Tingkatan 2                                Kotak 2                                       Kotak 4
Desain faktorial memberikan kemungkinan kepada peneliti untuk menilai interaksi antara kedua variabel itu yaitu pengaruh yang berbeda dari salah satu diantara kedua variabel itu pada tingkatan yang berbeda dari variabel lainnya. 
5.      Desain eksperimental semu (Quasi Eksperimen)
a.      Desain yang menggunakan pra-tes dan pasca-tes dengan kelompok pengendali tidak diacak.
Kelompok                   Pra-tes                 Variabel Bebas              Pasca-tes
E                                  Y1                               X                           Y2
P                                   Y1                               -                            Y2
Karena pengacakan tidak dapat dilakukan maka harus diusahakan agarn pada awal penyelidikan kedua kelompok yang digunakan itu sejauh mungkin sama (ekuivalen).
b.      Desain berimbang (counterbalanced design)
Desain ini melakukan pertukaran kelompok pada waktu-waktu tertentu selama masa eksperimen. Ciri khusus desain ini adalah bahwa semau subjek menerima semua perlakuan eksperimental untuk beberapa saat lamanya selama masa eksperimen.
Gambar:
                                                                 Perlakuan Eksperimental
Replikasi                     X1                     X2                  X3               X4
1                           kelompok A              B                    C                 D
2                           kelompok C              A                    D                 B
3                           kelompok B              D                    A                 C
4                           kelompok D              C                    B                 A
                           mean kelompok      mean klpk      mean klpk    mean klpk
Kelemahan desain ini adalah kemungkinan terjadinya efek pindahan (carry-over effect) dari satu X ke X berikutnya. Oleh karena itu desain ini hanya digunakan jika perlakuan ekspeimental itu sudah begitu rupa sehingga pemberian satu perlakuan diperkirakan tidak akan berpengaruh pada perlakuan-perlakuan berikutnya.
6.      Desain rangkaian waktu
a.      Desain rangkaian waktu satu kelompok
Desain ini melibatkan pengukuran secara berkala terhadap satu kelompok dan pemberian perlakuan eksperimental ke dalam rangkaian pengukuran berkala itu. Kelebihan desain ini adalah pengujian berganda dapat memberikan pengawasan terhadap beberapa ancaman umum terhadap validitas internal. Kelemahan desain ini adalah ketidakmampuan mengendalikan pengaruh sejarah (history), artinya kita harus mengesampingkan kemungkinan bahwa bukan X, melainkan kejadian simultanlah yang menyebabkan terjadinya perubahan yang diamati itu.
b.      Desain rangkaian waktu dengan kelompok pengendali
Desain ini merupakan perluasan desain sebelumnya dengan memasukan kelompok pengendali. Desain ini menutup kekurangan desain sebelumnya yaitu ketidakberhasinya mengendalikan pengaruh sejarah sebagai sumber variasi luar.
Kelompok
E           Y1       Y2       Y3        Y4       Y5        Y6        Y7        Y8
P           Y1        Y2       Y3       Y4        Y5        Y6        Y7        Y8

Zainal Arifin (2012:77) mengemukakan bahwa desain eksperimen adalah sesuatu rancangan yang berisi langkah dan tindakan yang akan dilakukan dalam  kegiatan penelitian eksperimen, sehingga informasi yang diperlukan tentang masalah yang diteliti dapat dikumpulkan secara faktual. Desain eksperimen menggambarkan langkah-langkah lengkap yang perlu diambil jauh sebelum eksperimen dilakukan agar data yang semestinya diperlukan dapat diperoleh dengan baik, dapat dianalisis secara objektif, dan dapat ditarik simpulan yang tepat, sesuai dengan masalah yang diteliti. Di dalam desain penelitian eksperimen inilah, peneliti harus menentukan dan memilih model desain eksperimen. Berikut ini akan dikemukakan model-model desain ekseprimen.
1.    One-group experiment
            Model desain ini hanya menggunakan satu kelompok dan dapat diterapkan dalam beberapa bentuk, antara lain:

a.      One-group pretes and posttest design:
Desain ini dikenal pula sebagai desain “sebelum dan sesudah” dengan struktur desain sebagai berikut:
O1  X  O2
X adalah perlakuan yang diberikan dan dilihat pengaruhnya dalam eksperimen tersebut. Perlakuan yang dimaksud dapat berupa penggunaan metode mengajar tertentu, model mengajar, model penilaian, dan sebagainya. O1 adalah tes atau observasi yang dilakukan sebelum perlakuan diberikan, sedangkan O2 adalah tes atau observasi yang dilakukan setelah perlakuan diberikan. Pengaruh perlakuan X dapat diketahui dengan mambandingkan hasil O1 dan O2 dalam situasi yang terkontrol.
b.      One group time series design
Desain ini digambarkan dalam struktur desain seperti  berikut:
O1   O2   O3   O4   O5   dan seterusnya
Dalam desain ini, tes atau observasi dilakukan tidak hanya dua kali, tetapi beberapa kali secara teratur. Setelah beberapa kali tes/observasi, kemudian diberi perlakuan X, setelah itu dilakukan lagi beberapa kali tes./observasi seperti sebelumnya. Jika di antara O3 dan O4 dalam contoh di atas terlihat perbedaan atau perubahan yang menyolok, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan atau perubahan tersebut merupakan pengaruh dari perlakuan X. Eksperimen dengan desain ini biasanya berlangsung daalm situasi yang tidak begitu terkontrol, sehingga disebut sebagai quasi-eksperimen.
2.    Control Group Experiment
Model desain ini menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain ini dapat diterapkan dalam beberapa bentuk, yaitu:
a.      Control group pretest and posttest design
Dalam desain ini, baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dikenalakan O1 dan O2, tetapi hanya kelompok eksperimen saja yang mendapat perlakuan X, sehingga struktur desainnya menjadi sebagai berikut.
Kelompok eksperimen :  O1   X   O2
Kelompok kontrol        : O1          O2
Pengaruh perlakuan X diamati dalam situasi yang lebih terkontrol yaitu dengan membandingkan selisih (O1 – O2 pada kelompok eksperimen) dengan selisih (O1 – O2 pada kelompok kontrol).
b.      Control-group post test only design
Dalam desain ini, baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol hanya dikenakan O2 saja tanpa O1 sehingga desainnya menjadi sebagai berikut.
Kelompok eksperimen : X   O2
Kelompok kontrol        : O2
Hasil O1 kelompok eksperimen dan hasil O1 kelompok kontrol diasumsikan sama, sehingga yang dibandingkan cukup hasil O2-nya saja antara kedua kelompok tersebut.
c.       Control group time series design
Perbedaan desain ini dengan desain one group time series adalah desain ini dilengkapi dengan kelompok kontrol, sehingga data yang diperoleh lebih lengkap untuk menarik kesimpulan. Struktur desainnya adalah.
Kelompok eksperimen : O1   O2   O3   X   O4   O5   dan seterusnya
Kelompok kontrol        : O1   O2   O3   O4   O5   dan seterusnya
Eksperimen dengan pola ini juga disebut quasi-experiment, karena situasinya yang tidak begitu terkontrol.

Selain model-model tersbut di atas, ada juga klasifikasi model desain eksperimen versi Fraenkel, Jack R., dan Wallen, Norman E. (Zainal Arifin, 2012: 79) yaitu.
1.    Desain Eksperimen Lemah (weak experimental design)
Banyak juga yang menyebut desain ini sebagai pra-eksperimen. Desain penelitian ini dikatakan “weak” karena tidak memiliki kontrol untuk menganalisis validitas internal. Desain ini terdiri dari.
a.    The one-shot case study
Dalam desain ini, satu kelompok dikenakan perlakuan tertentu (variabel bebas), kemudian dilakukan pengukuran terhadap variabel terikatnya. Misalnya, pengaruh metode X (variabel bebas) terhadap prestasi belajar (variabel terikat) di kelas A untuk menunjukkan bahwa metode tersebut efektif.
Perlakuan
Postes
X
O
Di sini, peneliti hanya memberikan satu kali perlakuan (X) yang diperkirakan sudah memiliki pengaruh. Desain ini terlalu sederhana karena dianggap kurang ilmiah. Uji statistik dan kesimpulan dapat dilakukan dengan cara : (a) menghitung rata-rata hasil postes lalu dibandingkan dengan standar yang diinginkan, atau (b) membandingkan dengan rata-rata tes sebelum perlakuan dengan rumus.
Text Box:
Keterangan :
t        = harga t
     = rata-rata kelompok sebelum perlakuan
     = rata-rata kelompok sebelum perlakuan
  = standar deviasi sebelum perlakuan
  = standar deviasi setelah perlakuan
b.        The one-group pretest-posttest design
Desain ini menggunakan satu kelompok subjek yang terlebih dahulu diberi pretes O1, lalu dikenakan perlakuan X, kemudian dilakukan postes O2.
Pretes
Perlakuan
Postes
O1
X
O2
Dengan demikian, observasi dilakukan sebanyak dua kali, yaitu observasi sebelum eksperimen (O1) disebut pretes, dan observasi sesudah eksperimen (O2) disebut postes. Perbedaan antara O1 dan O2 atau selisih O2 dengan O1 merupakan pengaruh dari perlakuan (eksperimen). Uji statistik dapat dilakukan dengan cara : (a) menghitung gain (perolehan), lalu dibandingkan dengan standar yang diinginkan, (b) belajar tuntas. Rumus statistik yang dapat digunakan adalah :
Text Box:
Keterangan :
Md      = rata-rata (M) dari deviasi (d) antara postes dan pretes
xd        = perbedaan deviasi dengan rata-rata deviasi
N         = jumlah subjek
1          = bilangan tetap
c.    The static-group comparison: randomized control-group only design
Desain ini menggunakan dua kelompok subjek, yaitu satu kelompok perlakuan (eksperimen) dan satu lagi kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut tidak diberikan pretes, tetapi setelah dikenakan perlakuan (perlakuan eksperimen dan perlakuan kontrol) baru kemudian dilakukan postes.
Kelompok
Pretes
Perlakuan
Postes
Eksperime
.
X
O2
Kontrol
.
.
O2
Uji statistik yang dapat digunakan adalah uji t.
Melalui penempatan/penugasan kelompok secara random, peneliti menyatakan bahwa kedua kelompok tersebut pada awal penelitian adalah setara atau homogen. Dengan demikian, beberapa faktor pengganggu dapat dikontrol meskipun tidak dapat diperhitungkan pengaruhnya.
2.        Desain Eksperimental Murni (true experiment)
Dalam desain ini, subjek peneliti dipilih secara random, sehingga pengontrolan terhadap perlakuan tertentu dapat dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atau hubungan sebab-akibat dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang dikenai kondisi perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak dikenai perlakuan (Stephen Isaac dan Willian B. Michael, 1982).
Beberapa model untuk desain penelitian ini adalah.
a.      Randomized Pretes-Posttest Control Group Design
Menurut Arifin (2012: 81) model penelitian ini menggunakan uji statistik uji t. Desain ini Comparison  Group Design (dalam buku Sukmadinata) dan model ini menggunakan uji statistik ANAVA.
b.      Randomized Solomon Four-Group Design
Desain ini bertujaun untuk mengatasi kelemahan validitas eksternal yang ada pada Randomized Control Group Pretes-Posttest Design.
Kelompok
Pretes
Perlakuan
Postes
Perbedaan
Diberi pretest
T1
X
T2
1D = T1,X,H,M
Diberi pretest
T1
.
T2
2D = T1,H,M
Tidak diberi pretest
.
X
T2
3D = X,H,M
Tidak diberi pretest
.
.
T2
4D = H,M
Perbedaan antara skor rata-rata (mean score) pada T1 dan T2 mencerminkan pengaruh berbagai variabel dan kombinasinya, seperti pretes (T1), variabel bebas (X), history (H), dan maturasi (M).
Untuk mendapatkan efek X               : kurangkan 4D dari 3D
Untuk mendapatkan efek pretes         : kurangkan 4D dari 2D
Untuk mendapatkan efek interaksi antara pretes dan X         : tambahkan 2D dan 3D, lalu kurangi jumlah ini dengan 1D.
Desain ini mengisyaratkan bahwa subjek ditempatkan secara random ke dalam empat kelompok, sehingga memungkinkan peneliti membuat asumsi bahwa skor pretes untuk kelompok 3 dan 4 (jika mereka mengambil pretes akan sama hasilnya dengan hasil yang dicapai kelompok 1 dan 2). Mengingat kelompok 3 dan 4 tidak diberi pretes, maka tidak akan terjadi interaksi antara pretes dan perlakuan X yang direfleksikan pada skor T1. Desain ini memungkinkan pula untuk mengontrol dan mengukur pengaruh pretes dan pengaruh interaksi antara pretes dan perlakuan. Selanjutnya, pengaruh kombinasi antara histori dan maturasi dapat diukur apabila rata-rata kelompok 4 pada T2 dibandingkan dengan rata-rata pada T1. Desain ini merupakan penggabungan dari dua jenis eksperimen menjadi satu, yaitu antara eksperimen dan tanpa pretes.









Model Desain Eksperimen Murni Versi John W. Best (1977) dalam Arifin (2012: 85-89) sebagi berikut:
Kategori
Desain
Karakteristik
EKSPERIMEN MURNI
1.      Postes Pada Kelompok Ekuivalen

R      X     O1
R      C     O2
 
 





a.       Ekuivalensi dengan cara rambang
b.      Tidak menggunakan pretes
c.       Adanya kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
d.      Generalisasi kuat

2.      Pretes-postes Pada Kelompok Ekuivalen

R  O1   X    O1
R  O3   C    O4
 
 






a.       Adanya pretes-postes
b.      Ekuivalensi kelompok eksperimen dan kontrol
c.       Pengambilan sampel dengan random
d.      Pencapaian X= O2-O1
e.       Pencapaian C= O4-O3
f.       Generalisasi kuat
3.      Empat Kelompok Solomon

R  O1   X    O1
R  O3   C    O4
R         X    O5
R         C    O6
 
 









a.       Merupakan kombinasi dari dua jenis ekperimen murni tersebut di atas
b.      Terdapat dua eksperimen yang berlangsung simultan
c.       Bersifat komplek dan sulit dilaksanakan pada sampel yang besar
d.      Memungkinkan untuk mengevaluasi pengaruh utama variabel eksperimen dan faktor-faktor yang mengancam validitas eksperimen
e.       Generalisasi kuat

4.      Randomized Postted Only Control Group Design. Using Matched Subject
a.       Menggunakan penjodohan subjek dengan cara random
b.      Tidak melakukan pretes
c.       Adanya kelompok eksperimen dan kontrol
d.      Adanya ekuivalensi dari kedua kelompok
e.       Dasar penentuan pasangan adalah penelitian pendahuluan, teori dan pengalaman peneliti
f.       Generalisasi kuat
Model Desain Eksperimen Kuasi Versi Fraenkel dan Wallen (1993) dalam Arifin (2012: 85-89) sebagi berikut:
Kategori
Desain
Karakteristik
EKSPERIMEN KUASI
1.       The Matching Only Post-test Control Group Design

Text Box: M     X     O1
M      C     O2
a.       Dilakukan matching terhadap subjek pada kelompok dan eksperime
b.       Hanya dilakukan postes
c.        Tidak menjamin terpenuhinya ekuivalensi
d.       Proses matching tidak secara random
e.        Generalisasi kuat
2.       The Matching Only Pretest-Post test Control Group Design

Text Box: O1  M  X  O2
O3 M  C  O4
O3  M  C  O4
a.       Dilakukan matching terhadap subjek pada kelompok kontrol dan eksperimen
b.       Dilakukan pretes-postes
c.        Tidak menjamin terpenuhinya ekuivalensi
d.       Proeses matching tidak secara random
e.        Generalisasi lemah
3.       A Three-Treatment Counter Balanced
Text Box: X1  O  X2  O  X3   O
  X2  O  X3  O  X1  O
  X3  O  X1  O  X2  O
a.       Terdiri dari tiga kelompok
b.       Masing-masing kelompok dikenai treatmen
c.        Tidak menggunakan randomisasi
d.       Tidak ada pretes
e.        Dilakukan postes setiap akhir proses
4.       A Basic time-series design
Text Box: O1  O2  O3  O4  X  O5  O6  O7  O8
a.       Dilakukan pengukuran yang berulangkali pada periode waktu sebelum dan sesudah treatmen
b.       Hanya ada kelompok tunggal (hanya kelompok treatmen)
c.        Tidak menggunakan randomisasi
d.       Generalisasi lemah
5.       Factorial Design
Text Box: R  O  X1  r1  O
R  O  C2  r1  O
R  O  X1  r2  O
R  O  C2  r2  O
Contoh : 4 x 2
      X1  X2  X3  X4
                                  r1








                                 r2
a.       Mencari interaksi variabel independen dengan variabel lain yang biasanya disebut variabel moderator
b.       Variabel moderator juga diberikan treatmen
c.        Penentuan sampel dengan randomisasi
d.       Dilakukannya pretes dan postes pada setiap kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
e.        Generalisasi kuat
f.        Desain ini merupakan modifikasi pretes-postes control group design

Model Desain Eksperimen Kuasi Versi John W. Best (1977) dalam Arifin (2012: 85-89) sebagi berikut:
Kategori
Desain
Karakteristik
EKSPERIMEN SEMU
1.      Pretes-postes tak ekuivalen
Text Box: O1     X     O2
O3     X     O4



a.       Baik untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menggunakan kelas yang ada, yang kira-kira homogen kondisi kelasnya
b.      Terdapat pretes-postes
c.       Adanya kelompok kontrol
d.      Tidak menggunakan ramdon
e.       Kedua kelompok sama-sama dimanipulasi, tetapi dengan cara yang berbeda (metode SAS dan metode EJA)
f.       Generalisasi lemah
2.      Pretes-postes Pada Kelompok Tunggal Materinya Ekuivalen
Text Box: Ma  O1   X    O2
Mb   O3   C    O4




a.       Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan kelas yang sama
b.      Putaran pertama sebagai kelompok eksperimen dan putaran berikutnya sebagai kelompok kontrol, atau sebaliknya
c.       Materi ekuivalen
d.      Menggunakan pretes-postes
e.       Tidak menggunakan random
f.       Banyak kelemahan, antara lain:
-          Sulit mencari materi yang benar-benar sederajat
-          Ada pengaruh treatmen pertama yang ikut campur pada putaran kedua
-          Testing pertama mempengaruhi nilai testing kedua
-          Putaran kedua siswa lebih matang daripada putaran pertama.


Penelitian Eksperimen PART 3 / 6 Penelitian Eksperimen PART 3 / 6 Reviewed by asarisolid on 1:34 AM Rating: 5

No comments:

ADS

referensimakalah. Powered by Blogger.