karakteristik dari pembelajaran tematik

Adapun karakteristik dari pembelajaran tematik ini menurut TIM pengembang PGSD, 1997 (Hesty, 2008) adalah :



a.         Holistik, suatu gejala atau peristiwa yang menjadi pusat perhatin dalam pembelajaran tematik diamatik diamati dan dikaji dari beberapa bidang studi sekaligus, tidak dari sudut pandang yang terkotak-kotak.
b.        Bermakna, pengkajian suatu fenomena dari berbagai macam aspek, memungkinkan terbentuknya semacam jalinan antar-skemata yang dimiliki oleh siswa, yang pada gilirannya nanti, akan memberikan dampak kebermaknaan dari materi yang dipelajari.
c.         Otentik, pembelajaran tematik memungkinkan siswa memahami secara langsung konsep dan prinsip yang ingin dipelajari.
d.        Aktif, pembelajaran tematik dikembangkan dengan berdasar pada pendekatan inquiri discovery  dimana siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga proses evaluasi.

C. Kekuatan dan Keterbatasan Pembelajaran Tematik
Pembelajaran terpadu memiliki kelebihan dibandingkan pendekatan konvensional, yaitu sebagai berikut.
1.        Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2.        Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
3.        Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan dapat bertahan lebih lama.
4.        Pembelajaran terpadu menumbuhkembangkan keterampilan berfikir dan sosial peserta didik.
5.        Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis. Dengan permasalahan yang sering ditemui dalam kehidupan/lingkungan riil peserta didik.
6.        Jika pembelajaran terpadu dirancang bersama dapat meningkatkan kerja sama antar guru  bidang kajian terkait, guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik/guru dengan narasumber sehingga belajar lebih menyenangkan, belajar dalam situasi nyata, dan dalam konteks yang lebih bermakna.

Selain itu, pembelajaran tematik memiliki kelebihan dan arti penting, yakni sebagai berikut :
1.        Menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan anak didik
2.        Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar-mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak didik.
3.        Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna
4.        Mengembangkan keterampilan berfikir anak didik sesuai dengan persoalan yang dihadapi
5.        Menmbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama
6.        Memiliki sikap toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain
7.        Menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan anak didik.

Disamping kelebihan, pembelajaran terpadu memiliki keterbatasan terutama  dalam pelaksanaannya, yaitu pada perancangan dan pelaksanaan evaluasi yang lebih banyak menuntut guru untuk melakukan evaluasi proses, dan tidak hanya evaluasi dampak pembelajaran  langsung saja, beberapa aspek keterbatasan pembelajaran terpadu, yaitu sebagai berikut :
1.        Aspek Guru
Guru harus berwawasan luas, memilik kreativitas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tingg, dan berani mengemas dan mengembangkan materi.
2.        Aspek Peserta Didik
Pembelajaran terpadu  menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relatif “baik”, baik dalam kemampuan akademis maupun kreativitasnya.

3.        Aspek Sarana dan Sumber Pembelajaran
Pembelajaran terpadu memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet, semua ini akan menunjang, memperkaya dan mempermudah pengembangan wawasan.
4.        Aspek Kurikulum
Kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik (bukan pada pencapaian target penyampaian materi)
5.        Aspek Penilaian

Pembelajaran terpadu membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh (komprehensif), yaitu menetapka keberhasilan belajar peserta didik dari beberapa bidang kajian terkait yang dipadukan.
karakteristik dari pembelajaran tematik karakteristik dari pembelajaran tematik Reviewed by asarisolid on 4:23 PM Rating: 5

No comments:

ADS

referensimakalah. Powered by Blogger.