BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam proses
pendidikan diperlukan suatu perhitungan tentang kondisi dan situasi panjang.
Dengan perhitungan tersebut, maka proses pendidikan akan lebih terarah kepada tujuan yang hendak
dicapai, karena segala sesuatunya telah direncanakan secara matang.
Itulah sebabnya
pendidikan memerlukan strategi yang menyangkut pada masalah bagaimana
melaksanakan proses pendidikan terhadap sasaran pendidikan dengan melihat
situasi dan kondisi yang ada, dan bagaimana
agar dalam proses tersebut tidak terdapat hambatan serta gangguan baik internal
maupun eksternal yang menyangkut kelembagaan atau lingkungan sekitarnya.
B.
Rumusan Masalah
1. Apakah
pengertian atau defenisi dari Guided Teaching?
2. Bagaimana
langkah-langkah Guided Teaching?
3. Kelebihan dan
kekurangan Guided Teaching?
C. Tujuan
Penulisan
1. Untuk
mengetahui pengertian Guided Teaching
2. Untuk
mengetahui langkah-langkah Guided Teaching
3. Untuk
mengetahui Kelebihan dan kekurangan Guided Teaching
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Model Pembelajaran Guided
Teaching
Pembelajaran Guided Teaching adalah
pembelajaran yang diawali dengan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru
kepada siswa. Guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa
kemungkinan jawaban.
Tujuan pertanyaan guru yang
diajukan kepada siswa bukanlah semata-mata untuk
memperoleh jawaban, dengan kata lain bahwa apapun jawaban yang di
berikan siswa bukanlah prioritas utama agar siswa menjawab dengan
benar, kemudian guru menjastifikasi jawaban itu dengan perkataan “ benar” atau
“salah”. Yang terpenting dalam penggunaan srategi ini adalah sejauh
mana guru dapat menghargai usaha siswa melaui jawaban-jawaban yang di berikan,
serta di jadikan sebagai fasilitas bagi guru untuk mengasah
keterampilan berfikir dalam tingkatan yang lebih tinggi.
Dengan
demikian model pembelajaran Guided Teachingmerupakan rangkaian
penyampaian materi ajar yang diawali dari suatu pertanyaan materi ajar yang
diawali dari suatu pertanyaan yang di jadikan dasar penyampaian
materi berikutnya dalam hal ini siswa dituntut untuk mencari (aktif) bukan
hanya sekedar menerima (reaktif).
B. Langkah-langkah Guided Teaching
Empat
prosedure yang dapat di tempuh guru untuk mengaplikasikan startegi dalam
pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
a. Guru
mengajukan satu atau beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengukur
kemampuan pemikiran dan pemahaman yang dimiliki oleh siswa:
1) Mendorong siswa
untuk berfikir memecahkan suatu permasalahan
2) Membangkitkan
pengertian lama maupun baru
3) Menyelidiki dan
menilai penguasaan siswa tentang bahan pelajaran
4) Membangkitkan minat
siswa tentang materi tertentu sehingga timbul keinginan untuk mempelajari
5) Membantu anak
menginterpretasi dan megorganisasi pengetahuan serta pengalaman
6) Menunjukkan kepada
siswa poin-poin dalam pembelajaran
7) Meningkatkan
kepercayaan siswa
8) Menarik perhatian
anak atau kelas.
b. Guru memberikan kesempatan
beberapa saat kepada siswa untuk dapat memikirkan jawaban atas
pertanyaan yang di ajukan pada tahap ini guru memberikan
keluasan kepada siswa untuk menjawab secara berpasangan atau
berkelompok
c. Guru meminta
siswa untuk menyampaikan hasil jawaban serta mencatat jawaban-jawaban yang
mereka sampaikan. Apabila memungkinkan catat jawaban-jawaban tersebut kemudian
di kelompokkan dalam kategorinya masing-masing secara
terpisah yang akan di jadikan sebagai bahan dalam pembelajaran.
d. Guru menyajikan
poin-poin pembelajaran yang akan di sampaikan serta meminta siswa
untuk menjelaskan kesesuaian jawaban dengan poin-poin pokok pembelajaran.
Pada tahap ini guru hendaknya mencatat gagasan atau poin-poin yang dapat
memperluas pokok bahasan dalam pembelajaran.
e. Buatlah
kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang akan di lalui
f. Penutup.
C. Kelebihan dan Kekurangan Strategi Guided Teaching
a. Kelebihan Metode Guided Teaching adalah
:
Ø
Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
sebab pembelajaran di awali dengan beberapa pertanyaan.
Ø
Melatih siswa berfikir untuk menjawab pertanyaan secara
benar.
Ø
Dapat meningkatkan kerja sama siswa , Karena
dalam belajar di bentuk kelompok-kelompok kecil
b. Kekurangan Model Pembelajaran Guided
Teaching adalah :
Ø
Kadang-kadang terjadi kelarutan dalam
pertanyaan sehingga materi yang di ajarkan kurang
tersampaikan dengan baik.
Ø
Lebih mengutamakan perbandingan dari materi dari pada
penyampaian pesan materi yang akan di sampaikan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Strategi
pembelajaran terbimbing (guided Teaching)merupakan suatu strategi
pembelajaran yang dapat di aplikasikan sebagai selingan dalam proses
pembelajaran dengan cara mengajukan satu atau beberapa pertanyaan
yang di sajikan kepada siswa guna mengetahui tingkat kemampuan
siswa mengenai suatu materi tertentu atau untuk memperoleh hipotesa
atau kesimpulan kemudian mengelompokkannya dalam kategori-kategori tertentu
Tujuan
pertanyaan guru yang diajukan kepada siswa bukanlah semata-mata untuk
memperoleh jawaban, dengan kata lain bahwa apapun jawaban yang di
berikan siswa bukanlah prioritas utama agar siswa
menjawab dengan benar, kemudian guru menjastifikasi jawaban itu
dengan perkataan “ benar” atau “salah”. Yang terpenting dalam penggunaan
srategi ini adalah sejauh mana guru dapat menghargai usaha siswa
melaui jawaban-jawaban yang di berikan, serta di jadikan sebagai
fasilitas bagi guru untuk mengasah keterampilan berfikir dalam tingkatan yang
lebih tinggi.
Strategi
pembelajaran terbimbing memungkinkan guru untuk mendongkrak potensi kecerdasan
yang dimiliki siswa dalam
aspek-aspek berikut: Pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan
kepada siswa meruapakan stimulus atau
rangsangan untuk mendorong kreatifitas pemikiran siswa dalam
belajar, Memberikan keluasaan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan yang di ajukan baik dengan teman
sebangku atau kelompok yang sengaja dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
Zaini Hisyam dkk.2002.Strategi
Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi.Yogyakarta:CTSD
(Center For Teaching Staff Development).
http://mtk2012unindra.blogspot.com/pembelajaran-aktif-di-perguruan-tinggi/guided-teaching.html.
Pengertian, Langkah, Kekurangan serta Kelebihan Guided Teaching
Reviewed by asarisolid
on
3:14 AM
Rating:
Adakah buku model pembelajaran Guided teaching? Saya sangat butuh kak
ReplyDeleteApaka Adah buku ini ka
ReplyDeleteThank You and that i have a super proposal: Full House Reno house renovation tv shows
ReplyDelete