Pengertian, Langkah, Kekurangan serta Kelebihan Guided Teaching

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam proses pendidikan diperlukan suatu perhitungan tentang kondisi dan situasi panjang. Dengan perhitungan tersebut, maka proses pendidikan  akan lebih terarah kepada tujuan yang hendak dicapai, karena segala sesuatunya telah direncanakan secara matang.
Itulah sebabnya pendidikan memerlukan strategi yang menyangkut pada masalah bagaimana melaksanakan proses pendidikan terhadap sasaran pendidikan dengan melihat situasi dan kondisi yang ada, dan  bagaimana agar dalam proses tersebut tidak terdapat hambatan serta gangguan baik internal maupun eksternal yang menyangkut kelembagaan atau lingkungan sekitarnya.



B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian atau defenisi dari Guided Teaching?
2.      Bagaimana langkah-langkah Guided Teaching?
3.      Kelebihan dan kekurangan Guided Teaching?

C.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian Guided Teaching
2.      Untuk mengetahui langkah-langkah Guided Teaching
3.      Untuk mengetahui Kelebihan dan kekurangan Guided Teaching


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Model  Pembelajaran Guided Teaching
Pembelajaran Guided Teaching adalah pembelajaran yang diawali dengan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa. Guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban.
 Tujuan pertanyaan guru yang diajukan  kepada siswa bukanlah semata-mata  untuk memperoleh jawaban, dengan kata lain  bahwa apapun jawaban yang di berikan siswa bukanlah prioritas  utama agar siswa menjawab  dengan benar, kemudian guru menjastifikasi jawaban itu dengan perkataan “ benar” atau “salah”. Yang terpenting dalam penggunaan srategi  ini adalah sejauh mana guru dapat menghargai usaha siswa melaui jawaban-jawaban yang di berikan, serta di jadikan  sebagai fasilitas bagi guru untuk mengasah keterampilan berfikir dalam tingkatan yang lebih tinggi.
Dengan demikian model pembelajaran Guided Teachingmerupakan rangkaian penyampaian materi ajar yang diawali dari suatu pertanyaan materi ajar yang diawali dari suatu  pertanyaan yang di jadikan dasar penyampaian materi berikutnya dalam hal ini siswa dituntut untuk mencari (aktif) bukan hanya sekedar menerima (reaktif).

B.     Langkah-langkah Guided Teaching
Empat prosedure yang dapat di tempuh guru untuk mengaplikasikan startegi dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
a.       Guru mengajukan satu atau beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemikiran dan pemahaman yang dimiliki oleh siswa:
1)      Mendorong siswa untuk berfikir memecahkan suatu permasalahan
2)      Membangkitkan pengertian lama maupun baru
3)      Menyelidiki dan menilai penguasaan siswa tentang bahan pelajaran
4)      Membangkitkan minat siswa tentang materi tertentu sehingga timbul keinginan untuk mempelajari
5)      Membantu anak menginterpretasi dan megorganisasi  pengetahuan serta pengalaman
6)      Menunjukkan kepada siswa poin-poin dalam pembelajaran
7)      Meningkatkan kepercayaan siswa
8)      Menarik perhatian anak atau kelas.
b.      Guru memberikan kesempatan beberapa saat kepada siswa untuk dapat memikirkan jawaban atas pertanyaan yang di ajukan  pada tahap ini guru memberikan keluasan kepada siswa  untuk menjawab secara berpasangan atau berkelompok
c.       Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil jawaban serta mencatat jawaban-jawaban yang mereka sampaikan. Apabila memungkinkan catat jawaban-jawaban tersebut kemudian di kelompokkan  dalam kategorinya masing-masing  secara terpisah yang akan di jadikan  sebagai bahan dalam pembelajaran.
d.      Guru menyajikan poin-poin pembelajaran yang akan di sampaikan  serta meminta siswa untuk menjelaskan kesesuaian jawaban dengan poin-poin pokok pembelajaran. Pada tahap ini guru hendaknya mencatat gagasan atau poin-poin yang dapat memperluas pokok bahasan dalam pembelajaran.
e.       Buatlah kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang akan di lalui
f.      Penutup.












C. Kelebihan dan Kekurangan Strategi Guided Teaching
a. Kelebihan Metode Guided Teaching adalah :
Ø  Dapat  meningkatkan motivasi belajar siswa sebab pembelajaran di awali dengan beberapa pertanyaan.
Ø  Melatih siswa berfikir untuk menjawab pertanyaan secara benar.
Ø    Dapat meningkatkan kerja sama siswa , Karena dalam belajar di bentuk kelompok-kelompok kecil

b. Kekurangan Model Pembelajaran Guided Teaching adalah :
Ø  Kadang-kadang terjadi kelarutan dalam pertanyaan  sehingga materi yang di ajarkan  kurang tersampaikan dengan baik.
Ø  Lebih mengutamakan perbandingan dari materi dari pada penyampaian pesan materi yang akan di sampaikan.











BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Strategi pembelajaran terbimbing (guided Teaching)merupakan suatu strategi pembelajaran yang dapat di aplikasikan sebagai selingan dalam proses pembelajaran  dengan cara mengajukan satu atau beberapa pertanyaan yang di sajikan kepada siswa guna mengetahui tingkat kemampuan siswa  mengenai suatu materi tertentu atau untuk memperoleh hipotesa atau kesimpulan kemudian mengelompokkannya dalam kategori-kategori tertentu
Tujuan pertanyaan guru yang diajukan  kepada siswa bukanlah semata-mata  untuk memperoleh jawaban, dengan kata lain  bahwa apapun jawaban yang di berikan siswa bukanlah prioritas  utama agar siswa menjawab  dengan benar, kemudian guru menjastifikasi jawaban itu dengan perkataan “ benar” atau “salah”. Yang terpenting dalam penggunaan srategi  ini adalah sejauh mana guru dapat menghargai usaha siswa melaui jawaban-jawaban yang di berikan, serta di jadikan  sebagai fasilitas bagi guru untuk mengasah keterampilan berfikir dalam tingkatan yang lebih tinggi.
Strategi pembelajaran terbimbing memungkinkan guru untuk mendongkrak potensi kecerdasan yang dimiliki siswa dalam aspek-aspek  berikut: Pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan kepada siswa meruapakan stimulus   atau rangsangan  untuk mendorong kreatifitas pemikiran siswa dalam belajar, Memberikan keluasaan  kepada siswa untuk menjawab  pertanyaan yang di ajukan  baik dengan teman sebangku atau kelompok yang sengaja dibuat.


DAFTAR PUSTAKA

Zaini Hisyam dkk.2002.Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan                      Tinggi.Yogyakarta:CTSD (Center For Teaching Staff Development).
http://mtk2012unindra.blogspot.com/pembelajaran-aktif-di-perguruan-tinggi/guided-teaching.html.


Pengertian, Langkah, Kekurangan serta Kelebihan Guided Teaching Pengertian, Langkah, Kekurangan serta Kelebihan Guided Teaching Reviewed by asarisolid on 3:14 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Adakah buku model pembelajaran Guided teaching? Saya sangat butuh kak

    ReplyDelete
  2. Apaka Adah buku ini ka

    ReplyDelete

ADS

referensimakalah. Powered by Blogger.